Biodata Legenda Formula 1, Jacques Villenueve

Biodata Legenda Formula 1, Jacques Villenueve. Kali ini kita akan mengulas rentang Jacques Villenueve. Seorang pembalap peraih gelar juara dunia tahun 1997. Legenda Formula 1 ini lahir pada 9 April 1971 di Saint-Jean-Sur-Richelieu, Quebec, Kanada dari seorang ayah bernama Gilles Villenueve dan ibu Joann Barthe.

Jika Anda adalah pecinta balapan Formula 1, tentu tak asing dengan nama Gilles Villenueve bukan? Ya, Gilles juga merupakan seorang pembalap Formula 1, Ia pun merupakan seorang legenda. Nampaknya, dari sang ayahlah motivasi pertama Jacques untuk menggeluti dunia balapan berasal, khususnya dalam ajang Formula 1.

Terlebih setelah kematian ayahnya akibat kecelakaan saat kualifikasi di Belgia. Sang ayah meninggal di usia yang cukup muda dan belum sampai meraih gelar juara. Sang ayah baru berhasil menduduki posisi dua. Mungkin itulah salah satu motivasi yang dimiliki oleh Jacques, semangat untuk mewujudkan impian sang ayah menjadi seorang juara. Sementara saat sang ayah masih hidup, seringkali Jacques diajak sang ayah untuk menyaksikan pertandingan balapnya. Sejak kecil Jacques sudah tak asing lagi dengan dunia Formula 1.

Keakraban dengan Formula 1 itulah yang menjadi hal lain yang mempengaruhinya untuk memilih dunia balap sebagai tempatnya berkiprah. Tentunya, impian hanya sekedar impian jika tak dibarengi dengan kerja keras. Mungkin motivasi datang dari ayahnya, keputusan datang dari keakraban dengan balapan, namun hasil tetap ada di tangan Jacques.

Biodata Legenda Formula 1, Jacques Villenueve

Akhirnya, dengan kerja keras, Ia pun berhasil membuktikannya dengan menyabet gelar juara dunia, bahkan di usia yang masih terbilang muda yaitu 26 tahun. Jacques berhasil menyabet gelar juara dunia bahkan hanya selang 1 tahun dari debutnya di dunia Formula 1. Prestasi yang sangat membanggakan. Sebuah bukti hahwa Ia adalah seorang pekerja keras dan bukan sekedar pemimpi biasa. Juga bukanlah bayang-bayang dari ayahnya saja.

Selain bersama ayah dan ibunya, dalam keluarga, Jacques juga hidup bersama seorang adik perempuan bernama Melanie. Sebelum akhirnya Ia menikah dan hidup dengan Johanna. Jacques dan Johanna menikah pada tahun 2006.

Dari pernikahan tersebut, Jacques dikarunia dua orang anak yaitu Joakim dan Julles Villenueve. Namun, sayangnya pernikahan tersebut harus berakhir pada tahun 2009. Setelah bercerai dari Johanna, Jacques kemudian menikah dengan Camilia Lopez pada tahun 2012.

Kehidupan percintaan Jaques memang cukup menarik. Sebelum akhirnya menikah dengan Johanna, Ia pun sempat berpacaran dengan beberapa wanita cantik termasuk penyanyi Dannii Minogue yang juga merupakan adik dari penyanyi Kylie Minogue. Pesona Jacques memang sulit ditolak. Selain tampan, Ia juga memiliki karakter yang kuat.

Karakter kuat yang dimaksud adalah sikap beraninya. Sikap tersebut ditunjukkan baik di di atas mobil maupun di luar sirkuit. Ia terkenal sebagai pembalap yang berani mengkritik dan blak-blakan. Ia kerap kali mengkritik konvensi dan otoritas. Juga mengatakan dengan blak-blakan bahwa rekan-rekannya adalah “robot perusahaan”.

Sikap beraninya tentu tak selalu berbuntut manis. Ia sempat beberapa kali mendapat peringatan dari FIA (Federation Internasional Automobil), sebuah badan tertinggi yang menaungi Formula 1. Namun, dengan kegemarannya memberikan pendapat, membuatnya hingga kini tetap eksis dan populer di kalangan pecinta Formula 1.

Seringkali Ia dimintai komentar oleh berbagai media mengenai pertandingan atau isu di Formula 1 yang tengah terjadi. Ia selalu dimintai komentas sebagai seorang legenda Formula 1. Gelar legenda juga selalu ditulis oleh media untuk mengawali komentar Jacques. Bisa dibilang, Ia merupakan sosok yang berhasil survived di dunia Formula 1.

Karakter kuat lainnya Ia tunjukkan dengan karya di bidang lain, yaitu musik. Jacques memutuskan untuk berhenti atau pensiun dari dunia Formula 1 pada tahun 2006. Keputusannya cukup mengejutkan publik karena Ia mundur menjelang Grand Prix Hungaria 2006. Ia pun digantikan oleh Robert Kubica.

Setelah pensiun, nampaknya Ia tak mau berdiam diri, sehingga kemudian Ia mencoba dunia musik dengan mengeluarkan album bertajuk Privat Paradise. Album tersebut dikeluarkan pada tahun 2007, atau satu tahun setelah Ia memutuskan pensiun. Maka, Ia pun seringkali bukan hanya disebut sebagai pembalap, namun juga musisi. Itulah sedikit biodata dari Jacques Villenueve.

 

BACA JUGA: Jacques Villenueve, Pembalap Formula 1 dengan Sisi Nyentrik dan Lembut

1 thought on “Biodata Legenda Formula 1, Jacques Villenueve”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *