Free Practice GP Amerika Serikat, Lewis Hamilton Kuasai Sesi Latihan

Free Practice GP Amerika Serikat Lewis Hamilton Kuasai Sesi Latihan Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton berhasil berada pada posisi paling depan ketika melakukan sesi latihan bebas yang pertama di GP Amerika Serikat. Selain itu, rekan satu tim Hamilton, yaitu Valtteri Bottas berhasil menempati posisi ke dua dalam latihan tersebut. Seperti yang telah di informasikan, sesi latihan bebas tersebut diwarnai dengan kondisi lintasan yang basah. Hujan deras yang terjadi semalaman sebelum hari latihan bebas, membuat para pembalap terpaksa menggunakan ban gull wet ketika di awal sesi latihan tersebut.

Berangsur – angsur, kondisi lintasan kemudian mengering. Setelah lintasan dinilai sudah tidak terlalu basah seperti sebelum nya, kemudian para pembalap beralih menggunakan ban intermediate di sisa sesi latihan tersebut.

Dalam sesi latihan bebas pertama ini, Hamilton mendominasi jalan nya balapna dengan mencatat waktu 1 menit 47 detik, selisih 1,304 detik dari rekan satu tim nya, Valtteri Bottas, yang berada di posisi kedua dalam sesi latihan. Menyusul di belakangnya terdapat duo dari Red Bull, Max Verstappen dan juga Daniel Ricciardo yangempati posisi ketiga dan juga ke empat dalam balapan tersebut.

Sementara itu, Sebastian Vettel hanya berhasil finish pda posisi 5 dalam sesi latihan bebas tersebut. Dirinya juga mendapatkan teguran untuk balapan nanti nya. Pembalap dari Ferrari tersebut dikenakan pinalti turun 3 grid karena langsung mengebut saat bendera merah baru saja dikibarkan. Bendera merah ini dikibarkan akibat kemunculan Charles Leclerc di area namun dalam keadaan melintir dan juga membawa beberapa batuan – batuan yang berasal dari area gravel. Dengan ada nya penalti tersebut, kini gelar dunia menjadi jauh semakin dekat dengan Lewis Hamilton kini.

 

Sementara pada sesi latihan bebas kedua, Hamilton masih berhasil bertahan di posisi nya, yaitu posisi pertama dalam latihan. Dirinya berhasil melewati Pierre Gasly dan juga Max Berstappen dengan mulus. Sama seperti di sesi latihan bebas pertama, hujan deras juga turun kembali di lintasan menjelang latihan bebas kedua. Para pembalap akhirnya memilih bermain aman dengan menunggu 45 menit setelah berjalan nya sesi.

Di waktu – waktu yang tersisa tersebut, Hamilton kembali berhasil menempatkan dirinya menjadi yang tercepat dalam sesi latihan bebas. Dirinya berhasil mengungguli Pierre Gasly dan hanya memiliki selisih waktu yang singkat. Dibelakang Gasly, terdapat Max Verstappen di posisi ketiga.

Bottas yang sebelum nya berada di posisi kedua saat latihan bebas pertama, memilih tidak turun ke sirkuit di sesi latihan bebas kedua tersebut. Hal serupa juga dilakukan oleh pembalap lain seperti Daniel Ricciardo, Kebin Magnussen, dan lain nya. Vettel sendiri dikenai hukuman penalti mundur 3 grid sam berada di posisi 10 setelah latihan bebas kedua.