Kenali Gilles dan Jacques Villeneuve, Ayah-Anak Jagoan Dalam Balap Formula 1

Kenali Gilles dan Jacques Villeneuve, Ayah-Anak Jagoan Dalam Balap Formula 1. Siapa yang tidak mengenal Jacques Villeneuve? Seorang laki-laki yang memiliki usia 46 tahun ini merupakan seorang pembalap dari turnamen balap formula 1. Selama mengikuti berbagai perlombaan adu kecepatan, pembalap asal Saint Jean Sur Richelieu dari negara Kanada ini telah banyak memenangkan aneka jenis pertandingan.

Nama pembalap Jacques Villeneuve ini mulai sangat dikenal oleh publik saat ia berhasil keluar sebagai juara dunia pada tahun 1997 yang ia dapatkan bersama dengan rekannya bernama Williams. Keberhasilan tersebut membuat kedua pembalap ini memperoleh penghargaan baik di hadapan sesama pembalap lain dan mentor, hingga para penikmat olahraga balapan dengan menggunakan sebuah mobil berjenis formula ini.

Pembalap yang telah memiliki berbagai jenis karir di sejumlah ajang perlombaan formula 1 ini secara langsung disambut ketika debut berkat nama ayahnya. Mungkin bagi penikmat balapan formula 1 sudah banyak yang mengetahui informasi ini bahwa pembalap bernama keluarga Villeneuve ini merupakan anak dari pembalap senior yaitu Joseph Gilles Henri Villeneuve.

Joseph Gilles Henri Villeneuve yang lebih banyak disebut dengan nama panggungnya, yaitu Gilles Villeneuve adalah pembalap legendaris yang mana telah mengikuti berbagai macam kejuaraan, seperti Turnamen Formula Atlantik yang diselenggarakan di negara paman sam, Amerika Serikat dan negeri kelahirannya, Kanada.

Kenali Gilles dan Jacques Villeneuve, Ayah-Anak Jagoan Dalam Balap Formula 1

Gilles Villeneuve melanjutkan karir cemerlangnya sebagai pembalap formula dengan ikut serta pula dalam banyak turnamen balap saat dirinya memutuskan masuk dan bergabung dengan tim dari kejuaraan balap yang dikenal di dunia bernama Ferrari. Mulai waktu itu, Joseph Gilles Henri Villeneuve ini secara bersungguh-sungguh menekuni dunia adu kecepatan dalam balapan formula 1 terhitung sejak tahun 1978.

Dalam pertandingannya tersebut, ayah dari pembalap Jacques Villeneuve ini banyak meraih kemenangan sebanyak enam kali balapan. Karirnya berada dalam masa paling puncak saat Gilles Villeneuve memperoleh gelar sebagai juara kedua pada klasemen pertandingan setelah tertinggal empat buah poin pada teman yang berada pada satu tim dengannya yang pada akhirnya menjadi juara dunia yakni pembalap Jody Scheckter.

Namun sayangnya Joseph Gilles Henri Villeneuve yang mengabdikan masa hidupnya sebagai seorang pembalap formula ini harus mengakhiri masa hidupnya. Ayah dari Jacques Villeneuve ini dinyatakan meninggal dari dunia setelah terlibat dalam sebuah tabrakan dalam kualifikasi bernama GP Belgia pada tahun 1982 yang berlangsung di sirkuit Zolder.

Kecelakaan tersebut menewaskan legenda balap Gilles Villeneuve. Akan tetapi karir cemerlang keluarga Villeneuve dalam dunia balap tidak berhenti begitu saja. Jacques Villeneuve, anak dari Gilles Villeneuve mengikuti jejak sang ayah dengan turut terjun dalam dunia balap formula.

Bahkan dapat dibilang karir Jacques Villeneuve sebagai seorang pembalap Formula 1 lebih bersinar apabila dibandingkan dengan ayahnya. Selain bakat yang diperoleh dari ayahnya, hal itu mungkin terjadi karena Jacques Villeneuve lebih memiliki banyak kesempatan untuk berlatih dan mengikuti turnamen.

Hasilnya, Jacques Villeneuve telah mengumpulkan berbagai jenis penghargaan seperti merebut gelar sebagai juara dunia sebanyak sekali, memperoleh kemenangan sebanyak 11 kali, dan memiliki podium sebanyak 23 kali dengan total poin sebanyak 235. Karir fantastis Jacques Villeneuve tersebut menjadikan dirinya sebagai pembalap yang banyak digemari oleh para penikmat olahraga berjenis adu kecepatan, formula 1 ini.

Demikian artikel tentang anak dan ayah dari keluarga Villeneuve, Jacques dan Gilles Villeneuve menceritakan tentang karir cemerlang mereka dalam dunia balap. Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuanmu.

 

BACA JUGA: Menilik Jejak Awal Karir Pembalap Formula 1, Jacques Villeneuve

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *