Legenda dari Formula 1 Tahun 1997,Jacques Villenueve

Legenda dari Formula 1 Tahun 1997,Jacques Villenueve. Formula 1 atau sering disingkat dengan F1 merupakan sebuah ajang paling bergengsi dari olahraga balap mobil tingkat internasional. Setiap tahunnya diselenggarakan kejuaraan yang tentunya menghasilkan seorang juara.

Nah, Jacques Villenueve merupakan salah satunya. Ia merupakan seorang pembalap Formula 1 yang berhasil memenangkan kejuaraan Formula 1 pada tahun 1997. Ia berhasil menyabet gelar juara dunia bahkan hanya selang setahun dari debutnya di Formula 1. Ya, Jacques melakukan debutnya pada tahun 1996 pada pertandingan Grand Prix F1 Australia.

Sebenarnya, pada Grand Prix F1 Australia pun Ia telah menunjukkan performa gemilang. Sayangnya, terjadi hal tak terduga yaitu terjadi kebocoran minyak. Sehingga akhirnya Ia hanya mampu menempati posisi kedua sementara pada posisi pertama adalah Damon Hill yang juga rekan satu timnya dalam Williams. Performa gemilang di pertandingan debutnya, merupakan sebuah tanda kesuksesan Jacques dalam dunia Formula 1 yang ternyata terbukti di tahun berikutnya. Jacques hingga kini masih menjadi satu-satunya pembalap asal Kanada yang berhasil menyandang juara dunia Formula 1.

Legenda dari Formula 1 Tahun 1997,Jacques Villenueve

Siapa Jacques Villenueve ini? Jacques merupakan seorang pria asal Kanada yang lahir pada 9 April 1971. Maka, saat Ia melakukan debut, Ia baru berusia sekitar 25 tahun. Kemudian menyabet gelar juara dunia pada usia 26 tahun. Terbilang cukup muda untuk seorang pembalap Formula 1.

Ia berkarir bersama tim bernama William Grand Prix  Engineering, Ltd kemudian tim ini dikenal dengan nama Williams F1 saja. Meski dengan karir gemilang, di mata penggemar Formula 1, Jacques tetap tidak terlepas dari sosok sang ayah. Sulitnya Jacques terlepas dari bayang ayahnya selama Ia menggeluti Formula 1 bukan tanpa alasan.

Jacques memang kini bisa dibilang seorang legenda Formula 1, namun ayahnya sudah lebih dulu menjadi seorang legenda. Jacques merupakan putra dari Gilles Villenueve. Anda penggemar Formula 1 sejati pasti tau siapa Gilles ini. Gilles juga memiliki prestasi yang cukup baik sejak awal kemunculannya di dunia Formula 1.

Rekan-rekan sesama pembalap pun mengakui kehebatannya. Sayangnya, Gilles tak berumur panjang. Ia tewas dalam sebuah kecelakaan saat melakukan kualifikasi di Belgia pada tahun 1982. Sejak saat itu, namanya terus dikenang baik oleh rekan sesama pembalap maupun para penggemar Formula 1.

Darah pembalap memang sangat kental dalam diri Jacques. Namun, tanpa kerja kerasnya sendiri tentu Ia tak akan bisa mencapai prestasi-prestasi gemilang. Jacques tetap menjadi dirinya sendiri, ia menunjukkan sebuah keberanian dengan menonjolkan sisi uniknya sebagai pembalap.

Jacques dikenal sebagai seorang pembalap yang memiliki semangat juang tinggi. Ia tak takut mengambil resiko dalam mencapai keinginan dan targetnya saat sudah berada di dalam mobil. Sementara soal gaya dan sikap, Ia dikenal terlampau eksentrik. Kepribadiannya adalah berpendirian keras dan blak-blakan. Ia tak segan maupun takut untuk menentang konvensi dan otoritas. Dengan gaya dan sikpanya tersebut Ia menjadi lebih menonjol dibanding pembalap muda yang lain saat itu.

Sikap berani dan menonjolnya itu ternyata juga sukses menarik perhatian para kaum hawa. Beberapa kali Ia menjalin hubungan dengan wanita cantik sebelum menikah dengan Johanna. Salah satu wanita cantik yang berhasil Ia pacari adalah Divai Minogue yang juga adik dari Kylie. Terakhir,

Jacques memutuskan untuk pensiun pada tahun 2006 setelah terus survived di dunia Formula 1. Moment pensiunnya pun mengundang perhatian. Pasalnya hal tersebut terjadi ketika Ia hendak mengikuti GP Hungaria 2006. Tim Williams menggantikan posisinya dengan pembalap lain bernama Robert Kubica.

Meski sudah pensiun, namun nama Jacques masih terus wara-wiri muncul di berbagai pemberitaan Formula 1 untuk mengomentari pembalap maupun pertandingan Formula 1 yang diselenggarakan saat ini.

 

BACA JUGA: Fakta Jacques Villenueve, Legenda F1 yang Akan Menginjak Usia 47 Pada April 2018

2 thoughts on “Legenda dari Formula 1 Tahun 1997,Jacques Villenueve”

  1. thanks for jv-world, infonya sangat menarik dan saya sangat suka, update terus kang tentang idola saya jacques, hehe

  2. gilaa, pembalap sekelas jacques villenueve kalo ditanya sama anak generasi sekarang kayaknya tidak ada yang kenal deh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *