Menilik Jejak Awal Karir Pembalap Formula 1, Jacques Villeneuve

Menilik Jejak Awal Karir Pembalap Formula 1, Jacques Villeneuve. Bagi kamu yang tertarik dengan bidang olahraga adu balap terutama pada ajang perlombaan formula 1 tentu akan mengenal nama pembalap yang satu ini.

Jacques Villeneuve merupakan salah satu pembalap legendaris yang banyak digemari dan dikenal oleh orang karena memiliki karir yang cukup cemerlang dalam dunia balap formula 1. Sebenarnya kemampuan dari Jacques Villeneuve dalam menjalani olahraga adu kecepatan ini tidak perlu diragunakan lagi.

Hal ini dikarenakan bakat yang dipunyai oleh pemuda yang memiliki kebangsaan Kanada ini telah ada di dalam darahnya. Perlu kamu tahu bahwa Jacques Villeneuve ini merupakan anak dari seorang legendaris balap yang telah mencatat namanya sebagai peraih gelar juara di berbagai ajang perlombaan balap formula 1, yang bernama Joseph Gilles Henri Villeneuve.

Ayah dari Jacques Valleneuve ini merupakan pembalap ternama yang telah ikut serta pada ajang balapan bergengsi di seluruh dunia. Namun sayangnya pembalap yang lebih diketahui dengan nama Gilles Villeneuve ini sempat terlibat dalam sebuah tabrakan tragis dengan menabrak mobil balap milik Jochen Mass yang saat itu melaju dengan sangat cepat (kurang lebih 225 kilometer per jam).

Menilik Jejak Awal Karir Pembalap Formula 1, Jacques Villeneuve

Malapetaka yang menimpa pembalap Gilles Villeneuve ini terjadi ketika ia mengikuti suatu kualifikasi turnamen balap yang diselenggarakan oleh GP Belgia pada tahun 1982 di sirkuit Zolder, Belgia. Sayangnya, setelah kecelakaan mobil berjenis Ferrari yang dikendarai oleh Gilles Villeneuve terjadi, nyawa ayah dari Jacques Villeneuve ini tidak dapat diselamatkan.

Pada akhirnya, pembalap Gilles Villeneuve pun tewas. Tak selang beberapa lama setelah kejadian buruk yang menimpa ayahnya tersebu, Jacques Villeneuve kemudian memutuskan untuk meneruskan perjuangan sang ayah dengan ikut terjun pula dalam dunia olahraga adu kecepatan formula 1.

Jacques Villeneuve memulai karir dalam dunia balapnya pada tahun 1994 dengan mengikuti ajang perlombaan bernama Australian FAI Indycar Grand Prix yang berlangsung di sirkuit Surfers Paradise, Australia. Kejuaraan balapan mobil berjenis roda yang terbuka ini pada dasarnya lebih diketahui dengan nama kejuaraan Indy Car. Adu balap ini diselenggarakan di dua negera besar dunia, yaitu Kanada dan Amerika Serikat.

Perlombaan yang mengusung tema olahraga adu balapan ini sangat dikenal pada masanya. Kembali pada tahun 1950, setelah tragedi perang dunia ke dua berlangsung, perlombaan adu balap dengan mobil berjenis roda terbuka mengalami masa kejayaan dan pucaknya yang kemudian mengakibatkan peserta lomba dari berbagai negara (internasional) mengalami peningkatan yang signifikan.

Hasilnya, para peserta terlebih pemenang lomba akan mendapatkan popularitas dan menjadi digemari banyak orang. Dalam perlombaan tersebut, Jacques Belleneuve sendiri telah ikut serta dalam sebanyak 33 buah lomba selama rentang waktu kurang lebih dua tahun. Berkat ajang tersebut, nama Jacques mulai dikenal setelah memenangkan turnamen pada Texaco atau Havoline 200 pada tahun 1994 yang berlangsung di sirkuit Road America dan memperoleh posisi pertama pada tahun 1995.

Keberhasilan tersebut membawa titik terang bagi karir Jacques Villeneuve ini pada cabang adu balap. Hal itu membawa pembalap ini pada keputusan untuk memulai debutnya pada ajang balap formula 1 sebagaimana ayahnya, Gilles Villeneuve. Pembalap kelahiran Saint Jean Sur Richelieu ini keluar sebagai pemenang posisi ke dua dalam debut perlombaan pertamanya setelah memperoleh posisi tercepat saat waktu kualifikasi. Mulai saat itu, karir Jacques Villeneuve sebagai pembalap dalam ajang formula 1 dimulai, bahkan dirinya sempat mendapatkan gelar penghargaan tertinggi sebagai juara dunia pertama pada tahun 1997.

 

BACA JUGA: Perjalanan Karir Legenda Formula 1, Jacques Villenueve

1 thought on “Menilik Jejak Awal Karir Pembalap Formula 1, Jacques Villeneuve”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *