Pembalap Formula 1 Jacques Villeneuve Keluar Dari Turnamen, Ada Apa?

Pembalap Formula 1 Jacques Villeneuve Keluar Dari Turnamen, Ada Apa? Sebagaimana yang telah diketahui, Jacques Villeneuve merupakan seorang atlet dalam cabang olahraga adu balap yang memulai awal karir balapnya dengan ikut serta dalam turnamen adu kecepatan mobil berjenis roda yang terbuka.

Debut Jacques Villeneuve sebagai pembalap mobil dilakukan dengan mengikuti ajang perlombaan bernama Australian FAI Indy car Grand Prix yang diselenggarakan pada tahun 1994 di sirkuit Surfers Paradise, Australia.

Selama kurang lebih dua tahun lamanya, Jacques Villeneuve turut serta dalam total 33 buah jumlah perlombaan dengan berbagai macam jenis seperti Australian FAI Indy car Grand Prix di sirkuit Surfers Paradise yang telah disampaikan sebelumnya, perlombaan Texaco atau Havoline berjenis 200 yang diselenggarakan pada tahun 1994 di Road America, perlombaan Budweiser Grand Prix of Cleveland yang diselenggarakan pada tahun 1995 di Cleveland, perlombaan Toyota Grand Prix of Monterey yang diselenggarakan pada tahun 1995 dengan bertempat di Laguna Seca.

Pembalap Formula 1 Jacques Villeneuve Keluar Dari Turnamen, Ada Apa?

Keberhasilan awal karir anak dari pembalap legendaris Gilles Villeneuve yang mana telah terlibat kecelakaan tragis dan membuat dirinya tewas ini membuat Jacques Villeneuve mengambil keputusan untuk beralih pada ajang perlombaan Formula 1.

Saat mulai meniti karirnya di Formula 1, Jacques Villeneuve sempat menarik perhatian dari para ahli serta penikmat olahraga adu kecepatan mobil ini karena kemampuannya yang luar biasa. Dalam laga pertama debutnya di formula 1, Jacques Villeneuve mampu mengalahkan semua lawan mainnya pada permainan penyisihan dengan berhasil mencapai garis finish pada posisi pertama.

Hal tersebut membuatnya mendapatkan tempat start yang menguntungkan pada saat perlombanan sebenarnya berlangsung. Sayangnya, pembalap berkebangssaan Kanada ini tidak mampu mempertahankan keunggulannya dan sampai di garis akhir pada posisi nomor dua. Jacques Villeneuve mengikuti sebanyak 165 total perlombaan dan mampu membawa kemenangan sebanyak 11 kali dan sejumlah 23 total podium.

Bahkan, pembalap yang lahir pada 9 April tahun 1971 ini pernah mendapatkan gelar paling bergengsi di kejuaraan adu balap mobil Formula 1, yaitu juara dunia yang diselenggarakan pada tahun ke dua setelah masa debutnya, yakni tahun 1997.

Dalam turnamen formula 1 ini, Jacques mengikuti aneka ragam perlombaan, misalnya Grand Prix F1 yang bertempat di Australia pada tahun 1996, Grand Prix F1 yang bertempat di Eropa pada tahun 1996, Grand Prix F1 yang bertempat di Luksemburg pada tahun 1997 dan Grand Prix F1 yang bertempat di Jerman pada tahun 2006. Selama kurang lebih 10 tahun Jacques Villeneuve meniti karirnya di ajang Formula 1, pada tahun 2007 pembalap berusia 46 tahun ini mengambil keputusan mengejutkan dengan hengkang dari perlombaan adu balap yang membesarkan namanya tersebut dan berpindah pada ajang turnamen Nascar.

Jacques Villeneuve mengaku bahwa perlombaan formula 1 yang berlangsung lambat laun mengalami penurunan. Hal tersebut dikarenakan keberadaan regulasi yang berasal dari pembuat hukum ajang balap ini mengalami perubahan. Anak dari pembalap Gilles Villeneuve ini menilai bahwa para pembuat regulasi formula 1 seharusnya lebih kritis dan konsisten.

Dengan adanya berbagi perubahan hal-hal tertentu selama adu balap ini berlangsung membuat seni dari formula 1 ini menjadi semakin berkurang. Bahkan Jacques Villeneuve memaparkan bahwa dirinya kurang tertarik dengan sistem balapan terbaru yang mulai digunakan yakni DRS.

DRS adalah singkatan dari Drag Reduction System yang merupakan alat yang digunakan untuk menambah kecepatan mobil balap. Sistem ini dinilai merusak keindahan dari adu balap formula 1 karena para pembalap dapat menggunakan fitur ini secara instan untuk menyalip lawan tanpa harus berusaha dengan sangat keras.

 

BACA JUGA: Kenali Gilles dan Jacques Villeneuve, Ayah-Anak Jagoan Dalam Balap Formula 1

1 thought on “Pembalap Formula 1 Jacques Villeneuve Keluar Dari Turnamen, Ada Apa?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *