Perjalanan Karir Legenda Formula 1, Jacques Villenueve

Perjalanan Karir Legenda Formula 1, Jacques Villenueve. Prestasi gemilang tentu tidak bisa didapatkan dengan instan. Perlu usaha pantang menyerah dan kerja keras yang harus dilakukan. Begitu pula bagi seorang Jacques Villenueve. Prestasinya menyabet gelar juara dunia Formula 1 pada tahun 1997 diawali dengan perjalanan yang panjang.

Bukan hanya soal prestasi besar tersebut saja, dirinya yang bisa mempertahankan eksistensinya di dunia Formula 1 hingga sekarang juga merupakan bagian penting dari perjalanan karir seorang Jacques. Pria ini merupakan seorang pembalap Formula 1 yang berasal dari Kanada.

Hingga kini Ia masih menjadi satu-satunya pembalap asal Kanada yang berhasil menyandang gelar juara dunia. Lahir di sebuah kota bernama Saint-Jean-Sur-Richeulieu pada tanggal 9 April 1971, maka saat ini Ia berusia 47 tahun. Ayahnya juga merupakan legenda Formula 1 yaitu Gilles Villenueve, sementara ibunya bernama Joann Barthe. Jacques memiliki saudara bernama Melanie.

Sang ayah meninggal akibat kecelakaan dalam kualifikasi di Belgia pada tahun 1982. Saat itu Gilles berusia 32 tahun sementara Jacques masih berusia 11 tahun. Hingga meninggal, sang ayah, yaitu Gilles Villenueve belum sempat mencicipi gelar juara. Hanya sempat menduduki posisi nomor 2. Namun, kehebatannya dalam dunia balap sudah diakui oleh para rekan balapnya.

Maka, bisa dibilang benih-benih karir Jacques berasal dari sana. Dari kenyataan bahwa ayahnya juga seorang pembalap Formula 1. Saat ayahnya masih hidup dan menjalani perlombaan balap, Jacques sudah sering diajak untuk menyaksikan pertandingan tersebut. Saat itulah Jacques mulai mengenal balapan, khususnya Formula 1.

Perjalanan Karir Legenda Formula 1, Jacques Villenueve

Jacques terhitung mulai berkiprah di Formula 1 pada tahun 1996. Pertandingan pertama yang Ia ikuti sebagai debutnya memasuki Formula 1 adalah Grand Prix F1 Australia 1996. Pada perlombaan tersebut, Jacques berada pada posisi 2. Pencapaian yang terbilang sangat luar biasa dalam sebuah perlombaan debut seorang pembalap. Bahkan debut Jacques ini termasuk salah satu debut paling spektakuler.

Apalagi mengingat sebab Jacques berada di posisi 2 saat itu karena kebocoran oli. Mungkin jika insiden tersebut tidak terjadi, Jacques sudah bisa berada pada posisi satu bahkan sejak pertama kali debutnya. Namun, bagaimanapun hasilnya, debut tersebut tetaplah awal yang bagus bagi karir seorang Jacques.

Setelah debutnya, Ia kemudian berhasil menyabet gelar juara pada Grand Prix F1 Eropa, masih pada tahun yang sama yaitu 1996. Namun, sebelum masuk dalam dunia balap Formula 1, yang merupakan ajang internasional tertinggi, Jacques telah lebih dulu meniti karirnya di Champion Car. Champion Car merupakan perlombaan balap kelas dua.

Dalam karirnya di Champion Car, Jacques meraih kemenangan pertamanya pada tahun 1994 di Texaco/Havoline 200 (Road Amerika). Jacques berkarir di Champion Car mulai tahun 1994 hingga tahun 1995, tepat sebelum Ia memasuki dunia Formula 1. Jadi, nampak bahwa Jacques adalah pekerja keras yang meniti karirnya dari bawah. Ia benar-benar bekerja keras dengan usahanya sendiri meski seringkali dikaitkan dengan nama besar ayahnya.

Setelah melalui perjalanan yang panjang dari perkenalannya dengan sirkuit balapan berkat menonton ayahnya bertanding hingga masuk ke dunia Formula 1, akhirnya pada tahun 1997 Ia berhasil menorehkan namanya dalam sejarah Formula 1. Ia menjadi juara dunia tahun itu. Setelah menjadi juara dunia pun, Jacques masih terus aktif mengikuti berbagai ajang kejuaraan balap hingga tahun 2006.

Tahun 2006 menjadi penghujung perjalanannya mengikuti berbagai kejuaraan. Ia menyatakan diri pensiun menjelang Grand Prix Hungaria 2006. Keputusannya saat itu cukup mengejutkan, sementara posisinya untuk mewakili tim di Grand Prix Hungaria digantikan oleh Robert Kubica.

Pensiun dari perlombaan bukan berarti meninggalkan begitu saja dunia yang sudah membesarkan namanya. Bahkan, hingga kini Ia masih aktif dalam dunia Formula 1 dengan seringkali dimintai komentar oleh berbagai media untuk pertandingan-pertandingan Formula 1, pembalapnya, hingga tim dan federasi.

 

BACA JUGA: Biodata Legenda Formula 1, Jacques Villenueve

1 thought on “Perjalanan Karir Legenda Formula 1, Jacques Villenueve”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *