Vettel Dikira Meminta Team Order Di Austria? Begini Jawaban Berkelas Dia

Vettel Dikira Meminta Team Order Di Austria Begini Jawaban Berkelas Dia Gp Austria yang berakhir dramatis memang pantas untuk disimak termasuk proses team Ferrari yang berhasil naik ke podium 2 dan 3. Pada balapan tersebut pembalap utama Ferrari naik ke posisi 3 kalah dari rekan setimnya Raikkonen yang berhasil finish posisi 2, apakah Vettel mencoba melobi Team untuk melakukan order ke Kimi?

Sebelum finish memang terjadi kejadian yang diluar ekspektasi siapapun yaitu insiden mobil Hamilton yang mogok di lap ke 62, hal ini membuat Max Verstappen yang berada di belakangnya mengambil keuntungan untuk finish pertama. Disisi lain ada 2 mobil Ferrari di belakang mereka, tetapi kondisinya adalah Vettel berada di belakang Kimi. Kita tahu bahwa Vettel di klasemen berada tepat di bawah hamilton sehingga penambahan poin yang lebih banyak akan membantu Vettel memenangi juwara di akhir musim nanti. Dari sana banyak pihak mengira Ferrari akan melakukan order dan meminta Kimi untuk memberi jalan Vettel melewatinya, tetapi ternyata hal tersebut tidak terjadi.

Dikonfirmasi setelah lomba apakah Vettel meminta team untuk melakukan order, Vettel menjawab dengan cara berkelas, dia menyatakan “Tidak!”, loh kenapa?

“Max memenangkan lomba karena dia pantas mendapatkannya dan tidak melakukan kesalahan jadi itu adalah performa yang kuat dari dia juga Kimi telah melakukan semua yang dia mampu”.

“Aku berusaha memburu mereka berdua, Kimi mencoba sekuat dia bisa dan saya mencoba sekuat yang saya bisa, kami sudah sangat dekat tapi itu tidaklah cukup”.

Sepertinya Vettel menyadari bahwa 2 pembalap di depannya sudah tidak terkejar lagi dan itu merupakan kondisi yang normal dan tidak perlu melakukan team order, Vettel sendiri mengaku puas dengan capaian podiumnya kali ini walaupun dia berharap hasil yang lebih baik.

Team order di F1 memang menjadi issue yang sedikit sensitif, walaupun tidak ada larangan untuk melakukannya tetapi team order dianggap mencederai sportifitas olah raga F1 itu sendiri. Team Ferrari sendiri merupakan Team yang paling parah dalam menerapkan team order dimana yang paling melegenda adalah team order Ferrari kepada Ruben Barrichello untuk memberikan tempatnya kepada Michael schumacher pada tahun 2002 pada last lap. Tidak hanya itu kimi raikkonen pernah memberikan tempat nya kepada Felipe Massa pada Gp China 2008, tetapi kali ini dilakukan dengan cara yang sedikit elegan tanpa memperlambat mobilnya dengan kasat mata.

Di era F1 modern Team Order masih menjadi perdebatan tetapi ada juga team yang berjuang melawan team order dengan sangat tegas seperti dari team Mercedes yang kala itu tahun balapan 2016 memiliki 2 pembalap muda kelas 1 yaitu Lewis Hamilton dan Nico Rosberg dimana ke 2 nya merupakan kontender juwara dunia serta saling mengalahkan satu dengan yang lain. Mercedes dengan lapang dada menyerahkan mekanisme RIMBA siapa yang bakal menang pada kejuaraan tersebut. Akhirnya Rosberg lah yang memenangkan kejuaraan dengan dramatis pada balapan terakhir. Apabila mau Mercedes pasti lebih memilih Hamilton untuk juwara karena dia merupakan anak emas Mercedes sedari masih pembalap belia jauh sebelum masuk F1, tetapi Mercedes membuktikan bahwa sportifitas lebih penting dari sekedar piala. WOW sebuah teladan yang sangat baik dari dunia sport F1.

Bagaimana Ferrari? Apakah masih akan meng order Kimi untuk mengalah dari Vettel? Malu dong ama team sebelah. So mari Kita tunggu drama balapan berikutnya.